Tips Bagi Si Pecandu Cokelat

COKELAT dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan, selain sebagai antioksidan bagi tubuh, cokelat juga mempunyai manfaat bagi jantung kita. Namun mengonsumsi cokelat yang berlebihan dapat menyebabkan dampak negatif pada tubuh kita. Chocoholic, atau ketergantungan seseorang dalam mengonsumsi cokelat kini telah menjadi satu studi kasus oleh beberapa peneliti.

Peneliti menguraikan beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang dalam kecanduan terhadap cokelat. Faktor utama besarnya dorongan untuk mengonsumsi cokelat adalah ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan perubahan suasana hati pada diri Anda.

Di titik inilah proses di mana peran zat serotonin yang terdapat pada cokelat bekerja. Serotonin, yang juga dikenal sebagai hormon yang mengendalikan mood, diketahui dapat membuat seseorang yang mengonsumsinya merasa lebih bahagia dan rileks. Sehingga pengaruh ini membuat tubuh mendorong Anda untuk terus mengonsumsi zat yang terdapat pada cokelat ini. Faktor lain juga dapat dipengaruhi oleh kurangnya asupan gula pada tubuh, atau dengan kata lain, kadar gula rendah.

Berikut adalah petunjuk untuk dapat mengontrol hasrat coklat pada diri Anda.

Menghilangkan afiliasi psikologis dengan makanan
Sejak kecil, mungkin beberapa dari Anda terbiasa mendapat cokelat sebagai tanda penghargaan Anda terhadap usaha yang telah dikerjakan. Proses inilah yang membuat kita terhanyut oleh peranan cokelat sebagai hal istimewa. Namun, sangat dianjurkan bagi Anda yang telah terjebak dalam situasi seperti ini untuk mengubah pola pikir Anda.

Menyadari benar bahwa Anda sedang kecanduan cokelat
Kecanduan merupakan tahap ekstrim dalam sebuah perilaku di mana Anda merasa tidak bisa hidup tanpanya. Anda harus bertanya pada diri sendiri, dapatkah hal itu diatasi secara mudah dengan mengalihkan pikiran Anda, atau Anda akan memerlukan pengobatan serius untuk menanganinya? Jika kecanduan dalam kasus Anda sangat serius, maka Anda dianjurkan untuk mengunjungi psikolog dalam memecahkan masalah ini.

Keluarkan keringat Anda! 
Percayakah Anda dengan metode ini? bahwa keluarnya keringat dari tubuh Anda akan dapat memberikan perasaan baik daripada mengonsumsi sepiring cokelat. Tidak percaya? silahkan Anda buktikan, di saat perasaan Anda sedang kacau, berolahragalah, dan sesaat setelah itu Anda akan merasa jauh lebih baik. Jika berolahraga juga dapat meningkatkan mood Anda, kenapa Anda masih memerlukan cokelat?

Jangan membeli cokelat dalam jumlah yang besar
Jika Anda pergi berbelanja, cobalah untuk membeli cokelat dalam jumlah yang lebih kecil daripada biasanya. Hal ini tentu tidak akan benar-benar menghentikan Anda sebagai pecandu, namun pengurangan yang dilakukan secara rutin dapat membiasakan diri Anda pada ketergantungan. Tak hanya itu, jangan sekali-kali mengikuti nafsu Anda untuk datang ke pusat cokelat, yang akan membuat Anda lebih menggila lagi.

Perihal dwiarisoma
All, just for fun.. here is the place to find news and entertainment purposes only for pleasure..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: