Sea Games

Definisi SEA GAMES
SEA GAMES adalah kepanjangan dari singkatan Southeast Asian Games (juga dikenal sebagai SEA Games), adalah sebuah acara olahraga dwi tahunan yang melibatkan peserta dari 11 negara Asia Tenggara saat ini. Permainan di bawah peraturan dari Asia Tenggara Games Federation dengan pengawasan oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Dewan Olimpiade Asia.

Sejarah SEA GAMES

Southeast Asian Games asal usulnya yaitu dari pergelaran Southeast Asian Peninsular Games or SEAP Games . Pada tanggal 22 Mei 1958, delegasi dari negara-negara di semenanjung Asia Tenggara yang menghadiri Asian Games ke-3 di Tokyo, Jepang telah sepakat untuk membentuk sebuah organisasi olahraga. SEAP Games ini dikonsep oleh Luang Sukhumnaipradit, Wakil Presiden Komite Olimpiade Thailand. Alasan yang diajukan adalah bahwa acara olahraga regional akan membantu mempromosikan kerjasama, pemahaman dan hubungan antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Thailand, Burma (sekarang Myanmar), Malaya (sekarang Malaysia), Laos, Vietnam Selatan dan Kamboja (dengan Singapura termasuk sesudahnya) adalah anggota pendiri. Negara-negara ini sepakat untuk mengadakan Olimpiade dua kali setahun. Kemudian Komite SEAP Games Federation dibentuk.

SEAP Games pertama diadakan di Bangkok 12-17 Desember 1959 yang terdiri lebih dari 527 atlet dan pejabat dari Thailand, Burma, Malaya (sekarang Malaysia), Singapura, Vietnam Selatan dan Laos berpartisipasi dalam 12 cabang olahraga.

Pada SEAP Games 8 pada tahun 1975, Federasi SEAP mempertimbangkan masuknya Indonesia dan dua negara secara resmi Philippines. Pada tahun 1977, tahun yang sama ketika Federasi SEAP berganti nama menjadi South East Asian Games Federation (SEAGF), dan dikenal dengan Games Asia Tenggara. Brunei bergabung dalam pergelaran SEA Games ke-10 di Jakarta, Indonesia, dan Timor Timur di SEA Games 22 di Hanoi, Vietnam.

Pada bulan Desember 2005, Filipina menjadi tuan rumah Olimpiade untuk ketiga kalinya, setelah tahun 1981 dan 1991.

Permainan terakhir diselenggarakan pada insiden bebas 2009 Southeast Asian Games (berjalan dari 9-18 Desember) yang merupakan pertama kalinya Laos yang pernah menggelar SEA Games (Laos adalah negara pertama yang menolak sebagai tuan rumah penyelenggara SEA Games. Tahun 1965 SEA Games dibentuk. Hal ini juga memperingati 50 tahun SEA Games, yang diselenggarakan di Vientiane, Laos. Tuan rumah untuk Asian Games 2011 adalah game Indonesia yaitu Sea Games 2011 ke 26 yang diselenggarakan di Palembang dan Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: